iklan banner

Kamis, 15 September 2016

MENGHIDUPKAN MALAM DENGAN BACAAN ALQURAN

MENGHIDUPKAN MALAM DENGAN BACAAN ALQURAN

(ARBAIN NUURUL QUR’AN NO. 16)


Hadits Imam Abu Daud Nomor 1190

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ قَامَ بِعَشْرِ آيَاتٍ لَمْ يُكْتَبْ مِنْ الْغَافِلِينَ وَمَنْ قَامَ بِمِائَةِ آيَةٍ كُتِبَ مِنْ الْقَانِتِينَ وَمَنْ قَامَ بِأَلْفِ آيَةٍ كُتِبَ مِنْ الْمُقَنْطِرِينَ َ

MAN QOOMA BI ‘ASYRI AAYATIN LAM YUKTAB MINAL GHOOFILIIN, WA MAN QOOMA BI MI-ATIN AAYATIN KUTIBA MINAL QOONITHIIN, WA MAN QOOMA BI ALFI AAYATIN KUTIBA MINAL MUQONTHIRIIN

dari [Abdullah bin 'Amru bin Al 'Ash] dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa bangun (shalat malam) dan membaca sepuluh ayat, maka dia tidak akan di catat sebagai orang-orang yang lalai. Barangsiapa bangun (shalat malam) dengan membaca seratus ayat, maka dia akan di catat sebagai orang-orang yang tunduk dan patuh, dan barangsiapa bangun (shalat malam) dengan membaca seribu ayat, maka dia akan di catat sebagai orang-orang yang dermawan."

FAEDAH :

Alquran merupakan salah satu nikmat yang paling besar untuk kehidupan manusia dunia dan akhirat. Mensyukuri nikmat adalah bagaimana menggunakan nikmat pemberian Allah sebagaimana maksud diberikannya nikmat tersebut. Alquran diturunkan agar bisadimanfaatkan menjadi petunjuk (hudan), menjadi penawar sakit (syifa) maupun untuk diambil berkahnya dengan rahmat Allah.

Orang yang merugi adalah mereka yang tidak bisa memanfaatkan karunia Ilahi dengan semestinya. Menjadikan kewajiban seorang yang beriman agar senantiasa mensukuri nikmat Alquran dengan membacanya setiap hari. Sebagaimana sabda nabi dalam hadits diatas. Agar tidak dianggap melalaikan kewajiban menysukuri nikmat Alquran minimal setiap malam membacanya walaupn hanya sepuuh ayat. Syukur kalau bisa melebihinya dengan membaca seratus ayat atau seribu ayat. Semakin banyak ayat yang dibaca semakin bagus catatan amal kebaikannya.

Semakin tambah usia mausia semakin dekat dengan ajalnya, maka dianjurkan untk mengurangi porsi waktu tidur malam (tirakat) untuk memanfaatkan waktu mustajab di sebagian malam dengan membaca al quran. Salah satu obat hati adalah dzikir malam yang panjang, salah satunya adalah dengan membaca alquran.

Membaca alquran dalam sholat malam adalah bagian dari anjuran Nabi shollallohu alaihi was salam. Baik dilaksanakan dengan membaca hafalan alquran ataupun membaca dengan muskhaf alquran dalam sholat malam bagi yang hafalannya kurang banyak.

Membaca alquran sebagai Hizib atau Wirid dengan mengulang-ulang surat-surat tertentupun bisa dilakukan. Nabipun pernah membaca surat Al fath secara berulang-ulang ketika pembebasan makkah. Sehingga untuk mentadaburi makna agar meresap dihati ataupun mengambil barokkah surat Alquran membacanya dengan berulang-ulang. 

Ulama mengajarkan agar membaca surat Al ikhlas yang berjumlah 4 ayat sebanyak 250 kali akan tercapai hitungan 1000 ayat. Kecintaan terhadap surat Al Ikhlash dan  usaha utuk memperbanyak jumlah ayat yang dibaca setiap malam merupakan bagian usaha muslimin untuk menjalankan perintah anjuran (sunnah) Nabi shollallohu alaihi  wassalam terhadap  Alquran.

Wallahu a’lam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan