iklan banner

Senin, 19 September 2016

MEMPERBANYAK UCAPAN KALIMAT “LAA ILAAHA ILLALLAH”


ANJURAN NABI UNTUK MEMPERBANYAK
UCAPAN KALIMAT “LAA ILAAHA ILLALLAH”

عَنْ اَبِي الدَّرْدَاءِ عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه ووسلم قَالَ : لَيْسَ مِنْ عَبْدِ يَقُوْلُ لاَ أِلَهَ أِلاَّ اللَّهُ مِائَةً مَرَّةٍ أِلاَّ بَعَثَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَوَجْهُهُ كَا لْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ وَلَمْ يُرْفَعُ لِأَحَدٍ يَوْمَئِذٍ عَمَلٌ أفْضَلُ مِنْ عَمَلِهِ أِلاَّ مَنْ قَالَ مِثْلَ قَوْلِهِ أَوْ زَادَ
( روهارواه الطبراني )

Dari Abu Darda’ r.a. , Nabi Shollallahu alaihi wa sallam bersabda : “ Tidaklah seorang hamba mengucapkan Laa ilaaha illallah seratus kali, kecuali Allah akan membangkitkannya pada hari kiamat dengan wajah (bersinar) seperti bulan purnama. Dan tidak ada seorangpun yang lebih bagus amalannya pada hari itu kecuali orang yang mengucapkan seperti yang ia lakukan atau melebihinya.” (HR. Thobroni)

FAEDAH

Mukminin meyakini TAUHID tertanam dihatinya. Usaha untuk menanamkan hakikat Kalimat Tauhid “Laa ilaaha illallah” dengan sering mengucapkan dengan lisannya kalimat Tauhid tersebut hingga membekas dihatinya serta menyinarinya dengan Cahaya Iman.

Banyak riwayat seperti hadits diatas, bahwa kalimat tauhid “Laa ilaaha illallah” adalah cahaya hati dan wajah, sehingga banyak waliyullah yang terlihat bercahaya wajah beliau ketika masih hidup di dunia.

Bahkan cahaya Iman dari Ahli “Laa ilaaha illallah” terpancar sampai kelak dihari kiamat, sebagai atribut penciri orang yang keseharian hidupnya meneguhkan imannya kepada Allah dengan banyak mengucap kalimat “Laa ilaaha illallah”.

Berdasarkan hadits diatas pula sunnah menghitung jumlah bacaan dzikir, karena nabi menganjurkan membaca kalimat thoyyibah dengan menetapkan hitungannya paling tidak sebanyak 100 kali.

Juga anjuran untuk memperbanyak sesuai kemampuan (hitungan) umatnya sendiri dengan memberi motivasi akan lebih bagusnya bila hitungan bacaannya melebihi 100 kali. Dapat diambil pengertian semakin banyak hitungannya semakin banyak ucapan dzikir kalimat thoyyibah dan semakin bagus keutamaannya.

Bahkan dalam suatu riwayat untuk menghimpun hitungan bacaan kalimat “Laa ilaaha illallah” hingga mencapai 70.000 kali bacaannya untuk menjadi benteng api neraka dan ditetapkan sebagai ahli “Laa ilaaha illallah”.

Wallahu a’lamu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan