iklan banner

Selasa, 13 September 2016

KEBERKAHAN ALQURAN TERHADAP RUMAH

KEBERKAHAN ALQURAN TERHADAP RUMAH

(ARBAIN NUURUL QUR’AN HADITS NO. 10)


Hadits Imam Ad Darimi Nomor 3175

 أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ كَانَ يَقُولُ إِنَّ الْبَيْتَ لَيَتَّسِعُ عَلَى أَهْلِهِ وَتَحْضُرُهُ الْمَلَائِكَةُ وَتَهْجُرُهُ الشَّيَاطِينُ وَيَكْثُرُ خَيْرُهُ أَنْ يُقْرَأَ فِيهِ الْقُرْآنُ وَإِنَّ الْبَيْتَ لَيَضِيقُ عَلَى أَهْلِهِ وَتَهْجُرُهُ الْمَلَائِكَةُ وَتَحْضُرُهُ الشَّيَاطِينُ وَيَقِلُّ خَيْرُهُ أَنْ لَا يُقْرَأَ فِيهِ الْقُرْآنُ

INNAL BAITA LAYATTASI-’U ‘ALAA AHLIHI WA TAKH-DHURUHUL MALAAIKATU, WATAH-JURUHUSY SYAYAATHIINU, WA YAKTSURU KHOIRUHU AYYUQRO-A FIIHIL QURAAN, WA INNAL BAITA LAYADHIIQU ‘ALAA AHLIHI, WATAHJURUHUL MALAAIKATU, WA TAKHDHURUHUSY SYAYAATHIINU WAYAQILLU KHOIRUHU ANLAA YUQRO-A FIIHIL QUR’AN. 

bahwa [Abu Hurairah] pernah berkata, "Sesungguhnya rumah akan terasa luas bagi penghuninya, para malaikat akan mendatanginya, setan-setan akan menjauhi dan kebaikannya akan bertambah jika Al Qur'an dibaca di dalamnya. Dan rumah akan terasa sempit bagi penghuninya, para malaikat menjauhinya, setan-setan datang dan kebaikannya berkurang jika di dalamnya tidak dibacakan Al Qur'an."

FAEDAH :

Rumahku surgaku “Baiti Jannati” mestinya bisa dibangun sehingga kehidupan dunia terasa seperti di surga. Rumah yang penuh berkah dan tercurah rahmat Allah yang dibawa para malaikat ketika memasukinya. Membuat tentram penghuninya karena diselimuti As Sakinah (ketenangan jiwa). Sampai-sampai para syetanpun akan terusir dari rumah tersebut karena tak tahan merasa kepanasan atas lantunan bacaan alquran penghuninya. Kebaikan- kebaikan akan tumbuh berkembang terpancar dari cahaya hikmah menyinari rumah juga imbas pengaruh kebaikan para makhluq yang mulia lagi taat yaitu para malaikat. Hal tersebut akan terbangun bila rumah senantiasa menggema lantunan bacaan Alquran dari penghuninya yang ikhlas.

Sebaliknya bila tak dibacakan Alquran dari dalam rumah, kesempitan hidup akan menjangkiti penghuninya, para syetan akan membisikkan was-was dan menyuntikkan racun kemaksiatan ke dalam hati penghuninya. Akibatnya berat rasanya tiada daya seperti lumpuh tak mampu beramal kebaikan. Para malaikat pembawa rahmat enggan untuk mampir kedalamnya sehingga para syetan akan berkeliaran menjadikannya sebagai sarang. Suasana neraka pun akan terbangun.

Seperti rumah jasad manusiapun merupakan rumah/tempat tinggal bagi ruh. Menciptakan kehidupan yang penuh rahmat, berkah dan sakinah terbangun dalam rumah maupun diri manusia jalan yang diberikan oleh Allah dan Rosul NYA adalah menggemakan bacaan Alquran di dalamnya. Wallahu a’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan