iklan banner

Selasa, 13 September 2016

MEMAKMURKAN MASJID DENGAN BACAAN ALQURAN

MEMAKMURKAN MASJID DENGAN BACAAN ALQURAN

(ARBAIN NUURUL QUR’AN HADITS NO. 12)


Hadits Imam Muslim Nomor 1336

عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم أَفَلَا يَغْدُو أَحَدُكُمْ إِلَى الْمَسْجِدِ فَيَعْلَمُ أَوْ يَقْرَأُ آيَتَيْنِ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ خَيْرٌ لَهُ مِنْ نَاقَتَيْنِ وَثَلَاثٌ خَيْرٌ لَهُ مِنْ ثَلَاثٍ وَأَرْبَعٌ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَرْبَعٍ وَمِنْ أَعْدَادِهِنَّ مِنْ الْإِبِلِ

AFALAA YAGHDU AKHADUKUM ILAL MASJIDI FA YA’LAMU AU YAQRO-U AAYATAYNI MIN KITABILLAHI ‘AZZA WA JALLA KHOIRUN LAHU MIN NAAQOTAYNI, WATSALATSUN KHOIRUN LAHU MIN TSALAATSIN, WA ARBA’UN KHOIRUN LAHU MIN ARBA’, WA MIN A’DAADIHINNA MINAL IBILI
dari [Uqbah bin Amir] ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sungguh, salah seorang dari kalian pergi ke masjid lalu ia mempelajari atau membaca dua ayat dari kitabullah 'azza wajalla adalah lebih baik baginya daripada dua unta. Tiga (ayat) lebih baik dari tiga ekot unta, empat ayat lebih baik daripada empat ekor unta. Dan berapa pun jumlah unta."

FAEDAH :

Fitrahnya manusia mengharapkan keuntungan atas usaha yang dia lakukan. Sebagaimana dalam urusan amal agama nabi pun memberikan motivasi akan adanya keuntungan dalam melakukan suatu amal. Dan boleh mengharapkan balasan keuntungan dari Allah untuk balasan amal yang dilakukannya.
Namun Nabi juga memberikan gambaran bahwa keuntungan dalam amal sangat jauh bandingannya dengan harapan keuntungan duniawi, misalkan dalam ukuran komoditi perdagangan yaitu onta.
Membaca ataupun belajar Alquran 1 ayat di masjid merupakan usaha yang ringan yang akan dibalas dengan keuntungan yang lebih baik dari usaha didunia yang menghasilkan keuntungan seharga 1 onta. Semakin banyal bacaan alqurannya semakin banyak pula ganjaranya yang melebihi seberapapun harga keuntungan perniagaan yang ditakar dengan harga onta. Menunjukkan sesungguhnya betapa besar ganjaran bagi para pembaca dan pelajar alquran yang mau meluangkan diri, waktu dan hartanya untuk membaca maupun mempelajari al quran.
Usaha untuk agama akan memberikan keuntungan yang pasti dan nilainya jauh melebihi nilai keuntungan duniawai atas jaminan Allah dan Rosul NYA. Betapa merugi orang yang tidak mau mengambil penawaran usaha agama tersebut.
Meluangkan diri dan menyisihkan sebagian waktu serta harta untuk mengusahakan bisa membaca atau belajar Alquran di Masjid, disamping membaca di rumah, merupakan sunnah anjuran Nabi shollallahu alaihi wassalam yang memiliki keutamaan ganjaran yang sangat besar.
Wallahu a’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan