iklan banner

Kamis, 15 September 2016

MENGGAPAI DRAJAT SURGA DENGAN ALQURAN

MENGGAPAI DRAJAT SURGA 
DENGAN ALQURAN

( ARBAIN NUURUL QUR’AN NO. 15 )


Hadits Imam Ibnu Majah Nomor 3770

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ إِذَا دَخَلَ الْجَنَّةَ اقْرَأْ وَاصْعَدْ فَيَقْرَأُ وَيَصْعَدُ بِكُلِّ آيَةٍ دَرَجَةً حَتَّى يَقْرَأَ آخِرَ شَيْءٍ مَعَهُ



YUQOOLU LISHOOKHIBIL QUR’AN IDZAA DAKHOLAL JANNAH, IQRO’ WASH’AD FA YAQRO-U WAYASH’ADU BIKULLI AAYATIN DAROJATAN KHATTA YAQRO-A AAKHIRO SYAI-IN MA’AHU

dari [Abu Sa'id Al Khudri] dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Di perintahkan kepada orang yang ahli dalam Al Qur'an ketika ia masuk ke dalam surga; "Bacalah dan naiklah." Maka ia pun membacanya dan dirinya pun naik (derajatnya) dengan ayat yang ia baca hingga ayat terakhir."

FAEDAH :

Cita-cita orang beriman bukan sekedar memasuki surga belaka. Namun juga mendapatkan kedudukan yang lebih mulia disisi Allah dengan menempati surga yang lebih tinggi derajatnya.

Kenikmatan dan kemuliaan di dalam surga itu berbeda-beda, sesuai dengan amal perbuatan manusia. Hal itu menimbulkan, perbedaan derajat dan tingkatan mereka di dalamnya. Dengan demikian, siapa yang paling banyak karunianya, siapa yang paling sempurna iman dan yang paling rajin beramal di dunia.

Allah SWT, melalui Alquran, memberitahukan bahwa surga itu terdiri dari beberapa derajat. Dia berfirman,

هُمْ دَرَجَاتٌ عِندَ اللّهِ واللّهُ بَصِيرٌ بِمَا يَعْمَلُونَ

Kedudukan mereka itu bertingkat-tingkat di sisi Allah, dan Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan. (QS. Ali Imran [03]: 163)

“Beberapa derajat daripada-Nya, ampunan dan rahmat (kasih saying Allah), dan Allah itu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S. An Nisa (4):96)

Surga yang paling rendah diberikan kepada orangberiman yang paling akhir gilirannya memasuki surga. Yang hanya berbekal iman sebesar debu. Diberikan padanya  surga yang seluas 10 kali dunia.

Adapun derajat yang paling tinggi dan paling agung adalah surga Firdaus. Oleh karena itulah, Rasulullah saw. Memerintahkan kepada umatnya untuk meminta surga yang tidak tanggung-tanggung, yaitu surga Firdaus.

Barang siapa menginginkan derajat yang paling tinggi atau menginginkan derajat-derajat khusus, maka jalannya terpampang luas dan mudah serta pintunya terbuka lebar. kesungguhannya ditandai semakin rajin beramal, makaderajat  surga yang disediakan baginya tentu semakin tinggi.

Sebagaimana dalam Rosulullah shollallahu alaihi wassalam memberikan kabar bahwa ketinggian derajat surga orang beriman tergantung juga seberapa banyak dan sempurnanya dalam membaca / menghafal alquran.

Usaha untuk memperbanyak bacaan dan hafalan alquran akan meninggikan derajat kemuliaan kita disisi Allah ta’ala, sehingga akan disediakan baginya derjat surga yang semakin tinggi pula.

Wallahu a’lam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan