iklan banner

Rabu, 14 September 2016

IJABAH DOA BAGI PEMBACA ALQURAN DAN AHLI DZIKIR


IJABAH DOA BAGI PEMBACA ALQURAN DAN AHLI DZIKIR

(ARBAIN NURUL QURAN NO.09)

ALKHAMDULILLAH WANUSHOLLI WANUSALLIMU ‘ALAA SAYYIDINA MUKHAMMADIN WA’ALA ALIHI WASHOKHBIHI AJMAIN

Hadits Imam At Tirmidzi Nomor 2850

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ مَنْ شَغَلَهُ الْقُرْآنُ وَذِكْرِي عَنْ مَسْأَلَتِي أَعْطَيْتُهُ أَفْضَلَ مَا أُعْطِي السَّائِلِينَ وَفَضْلُ كَلَامِ اللَّهِ عَلَى سَائِرِ الْكَلَامِ كَفَضْلِ اللَّهِ عَلَى خَلْقِهِ

YAQUULU ROBBU ‘AZZA WAJALLA MAN SYAGHOLAHUL QUR’AN WA DZIKRII ‘AN MAS-ALATII A’THOITUHU AFDHOLA MAA U’TIIS SAA-ILIN,  WA FADHLU KALAAMILLAAHI ‘ALAA SAAIRIL KALAAMI KAFADHLILLAAHI ‘ALAA KHOLQIHI

dari [Abu Sa'id] ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : Rabb Azza wa Jalla berfirman; "Barangsiapa disibukkan oleh Al Qur`an dan berdzikir kepadaku untuk memohon kepadaKu, maka Aku akan memberikan kepadanya sesuatu yang terbaik dari yang Aku berikan kepada orang-orang yang memohon, " dan kelebihan kalamullah (Al Qur`an) dari seluruh kalam adalah seperti kelebihan Allah dari seluruh makhlukNya."

FAEDAH :

Alquran terkandung di dalamnya doa-doa yang dipanjatkan oleh para Nabi. Membaca alquran yang terkandung doa-doa para nabi akan dikabulkan pula doa tersebut bagi para pembaca Alquran.

Sehingga kesibukan dalam membaca alquran dengan harapan dan permohonan keberkahan bagi kehidupan dunia dan akhiratnya, maka pembacanya akan diberikan hasil terbaik dari segala permintaan doa.

Membaca Alquran dan berdzikir merupakan wasilah amal untuk terkabulkannya suatu doa. Sebelum berdoa kita bacakan alquran dan kita puji keagungan Allah tak lupa berkirim sholawat dan salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad shollallohu alaihi wassalam.

Hizib-hizib yang disusun oleh para ulama merupakan kumpulan beberapa ayat-ayat alquran yang berisi doa dan janji Allah dalam firman Nya, diiringi kalimat-kalimat Thoyyibah serta susunan doa munajat yang digunakan untuk menurunkan pertolongan Allah (nusrotullah).

Pembacaan Al fatihah yang merupakan ummul kitab (induknya alquran) mengiringi doa sesungguhnya merupakan wasilah amal agar terkabulnya doa. Sebagaimana dalam firman NYA :

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

hanya kepada Engkaulah yang kami menyembah, dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan. (Al Fatihah : 5)

Sebagai hamba yang menyadari sebelum dirinya memohon pertolongan, maka ditunaikan olehnya terlebih dahulu memuji-NYA dan menunaikan kewajibannya beribadah kepada Ilahi Robbi.

Kemuliaan Alquran yang melebihi kemuliaan seluruh kalam, terkandung didalamnya kemahamuliaan dan keagungan Allah, akan meninggikan kemuliaan kedudukan pembacanya disisi Allah. Tiada yang lebih bagus susunan doa dibanding doa-doa yang tercantum dalam Alquran. Dengan membaca Alquran yang merupakan Kalamullah, perhatian Allah akan tertuju padanya, harapan dan doanya akan senantiasa didengar dan dikabulkan oleh Allah.

Hadits qudsi yaitu hadits yang terkandung firman Allah diluar Alquran ini, juga merupkan janji Allah kepada Hamba NYA serta mengajarkan bagaimana cara agar doa terkabulkan.

Wallahu a’lam.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan