iklan banner

Senin, 12 September 2016

KEBANGGAAN MUSLIMIN ADALAH ALQURAN

KEBANGGAAN MUSLIMIN ADALAH ALQURAN

(ARBAIN NURUL QURAN NO 18)

عَنْ عَائِشةَ قَالَتْ , قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ , انَّ لِكُلِّ شَيْءٍ شَرَفًا يَتَبَاهَوْنَ بِهِ , وَأِنَّا بَهَاءَ أُمَّتِيْ وَشَرَفَهَا الْقُرْآننُ 
( رواه أبو نُعيم في الحلية )

Dari Aisyah rodhiyallahu anha, Rosulullah shollallahu alaihi wa sallam bersabda : “ Sesungguhnya setiap kaum memiliki kemuliaan yang mereka banggakan. Dan sesungguhnya kebanggaan bagi umatku dan kemuliaannya adalah alquran.”
(HR. Abu Nu’aim – Al Khilyah)

FAEDAH :

Tidak ada yang lebih dibanggakan yang lebih layak bagi Muslimin umat Rosulallah shollallahu alaihi wa sallam melainkan Alquran. Banyak manusia bermegah-megahan dan berbangga-bangga dengan harta, keturunan, kehormatan, keluarga dan lainnya. Kemegahan dunia bersifat fana (tak kekal) dan sedikit nilainya. Seberapapun hebatnya kemegahan dunia akan sirna pula. Sedangkan kesempurnaan kalamullah tak akan sirna selamanya, tak ada yang bisa merendahkan kemuliaannya. Maka kebanggaan muslimin adalah Alquran, yaitu membaca, menghafal, mengamalkan dan mengajarkannya. Setiap amalannya merupakan sesuatu yang lebih patut dibanggakan karena akan membawa menuju kemuliaan selamanya disisi Allah Ta’ala.

Keindahan kalamullah tak akan membuat bosan bagi para pembaca dan penghafalnya seberapa sering dia dibaca. Kebenaran dan rahasia ilmu hikmah yang terkandung didalamnya tak habis ditelaah sepanjang jaman. Siapapun yang berusaha merendahkan dan menghancurkannya pastilah akan hancur dan binasa. Sehingga patut pulalah para hafidz dan ulama menjadi kebanggaan kaum muslimin karena tersimpan dan terpancar cahaya Alquran didalam diri beliau.

Masihkah kita berangga dengan sesuatu yang akan hilang seiring kematian. Padahal Alquran akan meninggikan derajat kemuliaan, keberkahan hidup dan kebahagiaan abadi bagi muslimin. Sudah selayaknyalah kita raih keberkahan, kehormatan dan kemuliaan disisi Allah melalui perjuangan, usaha dan cinta kita dalam amalan-amalan terkait Alquran. Kepada Allah jualah semata kita harapkan hidayah dan taufiqnya agar menjadi ahlul quran.

Wallahu a’lam 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan