iklan banner

Senin, 23 Januari 2017

Sedekah makanan (kenduri, bancakan, tasyakuran)


KESUNAHAN SALING MEMBERI MAKAN
(Sedekahan, Tasyakuran, Kenduri, Bancakan)

Memberi makan orang lain merupakan akhlak kaum muslimin yang sangat menakjubkan. Bahkan dengan memberikan makanan kepada orang lain dihitung sebagai shodaqoh, sekalipun sesuap makanan yang diberikan kepada isterinya.

عَنْ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُ أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّكَ لَنْ تُنْفِقَ نَفَقَةً تَبْتَغِي بِهَا وَجْهَ اللَّهِ إِلَّا أُجِرْتَ عَلَيْهَا حَتَّى مَا تَجْعَلُ فِي فَمِ امْرَأَتِكَ  (رواه البخاري). 

Dari Sa’di bin Abi Waqosh Radhiyalla-hu’anhu bahwasannya dia mengabarkan, bahwa Rasulullohu shalallohu’alaihi wasallam bersabda : “Tidaklah kamu nafkahkan suatu nafkah, yang kamu menafkahkannya hanya mengharapkan wajah Allah semata, kecuali kamu dibalas atasnya, sampai sesuap makanan yang kamu suapkan ke mulut isterimu. (HR. Imam Bukhori)
.
Nabi shalallohu’alaihi wasallam memerin-tahkan kepada kita semua kaum muslimin untuk memberi makan kepada orang lain. Sehingga apabila memasak harus memperbanyak kuahnya, supaya bisa bagi-bagi ke tetangga.

عَنْ أَبِى ذَرٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ  قَالَ إِنَّ خَلِيلِى -صلى الله عليه وسلم- أَوْصَانِى « إِذَا طَبَخْتَ مَرَقًا فَأَكْثِرْ مَاءَهُ ثُمَّ انْظُرْ أَهْلَ بَيْتٍ مِنْ جِيرَانِكَ فَأَصِبْهُمْ مِنْهَا بِمَعْرُوفٍ » .(رواه مسلم)

Dari Abu Dzar Radhiyalloho’anhu katanya: "Kekasihku shalallohu’alaihi wasallam berwasiat padaku demikian: "Jikalau engkau memasak kuah, maka perbanyakkanlah airnya, kemudian lihatlah keluarga dari tetangga-tetanggamu, lalu berilah mereka itu dengan baik-baik."  (HR. Imam Muslim).

Dengan memberikan makanan kepada anak isteri, tetangga dan yang lainnya, selain akan mempererat persaudaraan, juga akan mengantarkan kedalam surgaNya Allah Ta’ala. Karena sepotong makanan yang diberikan kepada orang lain, bisa mencegah diri kita dari api neraka

عن عديّ بن حاتم رضي الله عنه قال- قال النّبيّ صلى الله عليه وسلم اتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ...  (متفق عليه).

Dari Adi bin Hatim Radhiyalloho’anhu, dia mengatakan, Nabi Shalallohu’alaihi wasallam bersabda : Jagalah dari api neraka walaupun dengan sepotong kurma. (HR. Bukhori dan Muslim).   

Sehingga beberapa bentuk tradisi yang baik yang merupakan pengamalan dari anjuran agar saling memberi makan (sedekah berupa makanan dalam Bancakan, kenduri, shodaqohan). Sedekah makanan memiliki keuatamaan besar yang diniyatkan sebagai rasa syukur nikmat Allah dan harapan /doa agar terhindar dari bala’ musibah. Karena sedekah penolak balak dan melipatkan rezeki.

RASULIULLAH Shallahu ‘alaihi Wassallam bersabda: “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah.” (HR. Imam Baihaqi)

Wallahu a’lam



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan