iklan banner

Kamis, 24 November 2016

DALIL MAULUD NABI (02)

 DALIL MAULUD NABI (02)
ALLAH SWT. MEMERINTAHKAN UNTUK BERGEMBIRA ATAS KELAHIRAN NABI SAW.

Kegembiraan karena hadirnya beliau saw. adalah suatu yang diperintahkan oleh Alqur’an, Allah Yang Maha Tinggi berfirman:

قُلْ بِفَضْلِ اللَّهِ وَبِرَحْمَتِهِ فَبِذَلِكَ فَلْيَفْرَحُوا هُوَ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُونَ

Artinya: “ Katakanlah: "Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Karunia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan".”. (Q.S. Yunus [10] : 58)

Allah Yang Maha Tinggi menyuruh kita untuk bergembira dengan rahmat-Nya, sedangkan Nabi saw.adalah rahmat Allah yang paling agung. Allah berfirman:

Hal ini diperkuat oleh penafsiran dan seorang yang paling luas ilmunya diantara umat ini dan penerjemah (ahli tafsir) Alqur’an, yakni Al-Imam Ibnu Abbas ra tentang ayat ke-58 Surat Yunus tersebut diatas. Ia berkata: “Yang dimaksud dengan kurnia Allah adalah ilmu, dan yang dimaksud dengan rahmat-Nya’ ialah Muhammad saw. Allah berfirman:

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ
‘Dan tiadalah kami mengutusmu melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” (Q.S. Al Anbiya [21] : 107

Maka kegembiraan karena Rasülullâh saw. dianjurkan pada setiap waktu, dalam setiap nikmat, dan pada setiap kurnia. Akan tetapi lebih dianjurkan pada setiap Hari Senin dan setiap Bulan Rabi’ul Awwal, karena kuatnya suasana Maulid dan memperhatikan waktu. Dan telah maklum bahwa tidaklah lalai dari peringatan itu dan berpaling dari peringatan tersebut pada waktunya kecuali orang yang lalai lagi dungu.

Penghormatan kepada beliau saw. adalah sesuatu yang disyari’atkan dan bergembira dengan hari kelahiran beliau yang mulia dengan menampakkan kegembiraan dan membuat acara jamuan dan perkumpulan majlis zikir serta memuliakanorang-orang fakir termasuk sebagian dan perwujudan yang paling agung dan rasa penghormatan, kebahagiaan, kegembiraan, dan syukur kepada Allah atas petunjuk-Nya kepada Agama yang Lurus yang telah diberikan kepada kita, dan atas kurnia-Nya kepada kita yaitu diutusnya Nabi Muhammad saw.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan