iklan banner

Selasa, 08 November 2016

ALLAH MENGAJARKAN AGAR BERDZIKIR SECARA SENDIRI DAN BERSAMA KHALAYAK (BERJAMAAH)

ALLAH MENGAJARKAN AGAR BERDZIKIR SECARA SENDIRI DAN BERSAMA KHALAYAK (BERJAMAAH)

Dalam hadits qudsi, dari Abu Hurairah, Rasul saw. bersabda : 
Allah swt.berfirman :
اَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْـدِي بِي, وَاَنَا مَعَهُ حِيْنَ يَذْكـرُنِي, فَإنْ ذَكَرَنِي فِي نَفْسِهِ ذَكَرْتُهُ فِي نَفْسِي وَإنْ ذَكَرَنِي فِي مَلاَءٍ ذَكَرْتُهُ فِي مَلاَءٍ خَيْرٍ مِنْهُ وَإنِ اقْتَرَبَ اِلَيَّ شِبْرًا اتَقَرَّبْتُ إلَيْهِ ذِرَاعًا وَإنِ اقْتَرَبَ إلَيَّ ذِرَاعًا اتَقـَرَّبْتُ إلَيْهِ بَاعًـا وَإنْأتَانِيْ يَمْشِيأتَيْتُهُ هَرْوَلَة.


“Aku ini menurut prasangka hambaKu, dan Aku menyertainya, dimana saja ia berdzikir pada-Ku. Jika ia mengingat-Ku dalam dirinya, maka Aku akan ingat pula padanya dalam diri-Ku, jika ia mengingat-Ku didepan khalayak orang, maka Aku akan mengingatnya pula didepan khalayak yang lebih baik. Dan seandainya ia mendekatkan dirinya kepada-Ku sejengkal, Aku akan mendekatkan diri-Ku padanya sehasta, jika ia mendekat pada-Ku sehasta, Aku akan mendekatkan diri-Ku padanya sedepa, dan jika ia datang kepada-Ku berjalan, Aku akan datang kepadanya dengan berlari”. (HR. Bukhori Muslim, Turmudzi, Nasa’i, Ibnu Majah dan Baihaqi).

Allamah Al-Jazari dalam kitabnya Miftaahul Hishnil Hashin berkata : ‘Hadits diatas ini terdapat dalil tentang bolehnya berdzikir dengan jahar/agak keras’. Imam Suyuthi juga berkata: ‘Dzikir dihadapan orang orang tentulah dzikir dengan jahar, maka hadits itulah yang menjadi dalil atas bolehnya’

Maka cara inilah yang digunakan ahlus sunnah sejak jaman sahabat dalam berdzikir, yaitu secara sendiri-sendiri ataupun secara berjamaah.
Wallahu a’lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan