iklan banner

Minggu, 20 November 2016

DALIL MAULID NABI 01

DALIL MAULID NABI 01 : RASULALLAH SHOLLALLOHU ALAIHI WA SALLAM MEMPERINGATI HARI KELAHIRAN BELIAU.

Memperingati hari kelahirannya, Rosulullah shollallohu alaihi wassalam mengungkapkan pengagungan itu dengan cara menunjukkan rasa syukur dan kegembiraan atas kelahiran beliau.

Sebagaimana diriwayatkan daiam sebuah hadits dari Abi Qatadah:
وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ الِاثْنَيْنِ قَالَ ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَيَّ فِيهِ

beliau ditanya mengenai puasa pada hari senin, beliau menjawab: "Itu adalah hari, ketika aku dilahirkan dan aku diutus (sebagai Rasul) atau pada hari itulah wahyu diturunkan atasku." (H.R. Al-Imam Muslim 1977dalam Sahihnya pada Bab Puasa).

Sebenarnya yang pertama merayakan atau memperingati maulid itu adalah orang yang kita peringati maulid (kelahiran) nya yaitu Nabi Muhammad saw sendiri. Hal ini sebagaimana diriwayatkan dalam hadits sahih riwayat Imam Muslim tersebut. Ini merupakan nash (dalil) yang paling sahih dan paling jelas tentang peringatan maulid Nabi yang mulia.


Dan ini adalah semakna dengan perayaan maulid Nabi hanya saja bentuknya berbeda. Bisa berupa puasa atau memberi jamuan makan atau berkumpul untuk berzikir (mengingat Allah) atau bershalawat atas Nabi saw. atau mendengar sifat-sifat beliau yang mulia. 

Wallahu a'lam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan