(فَصْلٌ) فِيْ بَيَانِ تَمَسُّكِ أَهْلِ جَاوَى بِمَذْهَبِ
أَهْلِ السُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ، وَبَيَانِ ابْتِدَاءِ ظُهُوْرِ الْبِدَعِ
وَانْتِشَارِهَا فِيْ أَرْضِ جَاوَى، وَبَيَانِ أَنْوَاعِ الْمُبْتَدِعِيْنَ فِيْ
هَذَا الزَّمَانِ
Pasal 2
Untuk menjelaskan penduduk
Jawa berpegang kepada madzhab Ahlusunnah wal Jama’ah, dan awal kemunculan
bid’ah dan meluasnya di Jawa, serta macam-macam ahli bid’ah di zaman ini
قَدْ كَانَ
مُسْلِمُوا الْأَقْطَارِ الْجَاوِيَةِ فِي الْأَزْمَانِ السَّالِفَةِ الْخَالِيَةِ
مُتَّفِقِي الْآرَاءِ وَالْمَذْهَبِ وَمُتَّحِدِي الْمَأْخَذِ وَالْمَشْرَبِ،
فَكُلُّهُمْ فِي الْفِقْهِ عَلَى الْمَذْهَبِ النَّفِيْسِ مَذْهَبِ الْإِمَامِ
مُحَمَّدِ بْنِ إِدْرِيْسَ، وَفِيْ أُصُوْلِ الدِّيْنِ عَلَى مَذْهَبِ الْإِمَامِ
أَبِي الْحَسَنِ الْأَشَعَرِيِّ، وَفِي التَّصَوُّفِ عَلَى مَذْهَبِ الْإِمَامِ
الْغَزَالِيِّ وَالْإِمَامِ أَبِي الْحَسَنِ الشَّاذِلِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ
أَجْمَعِيْنَ
Umat Islam yang mendiami
wilayah Jawa sejak zaman dahulu telah bersepakat dan menyatu dalam pandangan
keagamaannya. Di bidang fiqh, mereka berpegang kepada mazhab Imam Syafi’i, di
bidang ushuluddin berpegang kepada mazhab Abu Al-Hasan Al-Asy’ari, dan di
bidang tasawuf berpegang kepada mazhab Abu Hamid Al-Ghazali dan Abu Al-Hasan
Al-Syadzili, semoga Allah meridhoi mereka semua.
ثُمَّ إِنَّهُ
حَدَثَ فِيْ عَامِ اَلْفٍ وَثَلَاثِمِائَةٍ وَثَلَاثِيْنَ أَحْزَابٌ مُتَنَوِّعَةٌ
وَآرَاءٌ مُتَدَافِعَةٌ وَأَقْوَالٌ مُتَضَارِبَةٌ، وَرِجَالٌ مُتَجَاذِبَةٌ،
فَمِنْهُمْ سَلَفِيُّوْنَ قَائِمُوْنَ عَلَى مَا عَلَيْهِ أَسْلَافُهُمْ مِنَ
التَّمَذْهُبِ بِالْمَذْهَبِ الْمُعَيَّنِ وَالتَّمَسُّكِ بِالْكُتُبِ
الْمُعْتَبَرَةِ الْمُتَدَاوِلَةِ، وَمَحَبَّةِ أَهْلِ الْبَيْتِ وَالْأَوْلِيَاءِ
وَالصَّالِحِيْنَ، وَالتَّبَرُّكِ بِهِمْ أَحْيَاءً وَأَمْوَاتًا،
وَزِيَارَةِ
الْقُبُوْرِ وَتَلْقِيْنِ الْمَيِّتِ وَالصَّدَقَةِ عَنْهُ وَاعْتِقَادِ
الشَّفَاعَةِ وَنَفْعِ الدُّعَاءِ وَالتَّوَسُّلِ وَغَيْرِ ذَلِكَ.
Kemudian pada tahun 1330
H timbul berbagai pendapat yang saling bertentangan, isu yang
bertebaran, dan pertikaian dikalangan para pemimpin Diantara mereka ada
yang beraviliasi pada kelompok Salafiyyin yang memegang teguh tradisi para
tokoh pendahulu mereka bermadzhab kepada satu madzhab tertentu dan
berpegang teguh kitab-kitab mu’tabar, kecintaan terhadap Ahlul Bait Nabi, para
wali dan orang-orang salih, selain itu juga tabarruk dengan mereka baik ketika
masih hidup atau setelah wafat, ziarah kubur, mentalqin mayit, bersedekah untuk
mayit, meyakini syafaat, manfaat doa dan tawassul serta lain sebagainya.
وَمِنْهُمْ
فِرْقَةٌ يَتَّبِعُوْنَ رَأْيَ مُحَمَّدْ عَبْدُهْ وَرَشِيدْ رِضَا ،
وَيَأْخُذُوْنَ مِنْ بِدْعَةِ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الْوَهَّابِ النَّجْدِيْ ،
وَأَحْمَدَ بْنِ تَيْمِيَّةَ وَتِلْمِيْذَيْهِ ابْنِ الْقَيِّمِ وَعَبْدِ
الْهَادِيْ
Di antara mereka (sekte
yang muncul pada kisaran tahun 1330 H.), terdapat juga kelompok yang mengikuti
pemikiran Muhammad Abduh dan Rasyid Ridha. Mereka melaksanakan kebid'ahan
Muhammad bin Abdul Wahhab al-Najdy, Ahmad bin Taimiyah serta kedua
muridnya, Ibnul Qoyyim dan Abdul Hadi
فَحَرَّمُوْا
مَا أَجْمَعَ الْمُسْلِمُوْنَ عَلَى نَدْبِهِ ، وَهُوَ السَّفَرُ لِزِيَارَةِ
قَبْرِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، وَخَالَفُوْهُمْ فِيْمَا
ذُكِرَ وَغَيْرِهِ.
Mereka mengharamkan
hal-hal yang telah disepakati oleh orang-orang Islam sebagai sebuah kesunnahan,
yaitu bepergian untuk menziarahi makam Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam
serta berselisih dalam kesepakatan-kesepakatan lainnya.
قَالَ ابْنُ
تَيْمِيَّةَ فِيْ فَتَاوِيْهِ : وَإِذَا سَافَرَ لِاعْتِقَادِ أَنَّها أَيْ
زِيَارَةَ قَبْرِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طَاعَةٌ ، كَانَ
ذَلِكَ مُحَرَّمًا بِإِجْمَاعِ الْمُسْلِمِيْنَ ، فَصَارَ التَّحْرِيْمُ مِنَ
الْأَمْرِ الْمَقْطُوْعِ بِهِ
Ibnu Taimiyah menyatakan
dalam Fataawa-nya: "Jika seseorang bepergian dengan
berkeyakinan bahwasanya mengunjungi makam Nabi shallallaahu ‘alaihi
wasallam sebagai sebuah bentuk ketaatan, maka perbuatan
tersebut hukumnya haram dengan disepakati oleh umat
Muslim. Maka keharaman tersebut termasuk perkara yang harus ditinggalkan.”
قَالَ
الْعَلَّامَةُ الشَّيْخُ مُحَمَّدْ بَخِيتْ اَلْحَنَفِيُّ اَلْمُطِيْعِيُّ فِيْ
رِسَالَتِهِ اَلْمُسَمَّاةِ تَطْهِيْرَ الْفُؤَادِ مِنْ دَنَسِ الْإِعْتِقَادِ :
وَهَذَا الْفَرِيْقُ قَدْ اُبْتُلِيَ الْمُسْلِمُوْنَ بِكَثِيْرٍ مِنْهُمْ سَلَفًا
وَخَلَفًا ، فَكَانُوْا وَصْمَةً وَثُلْمَةً فِي الْمُسْلِمِيْنَ وَعُضْوًا
فَاسِدًا
Al-Allamah Syeikh
Muhammad Bakhit al-Hanafi al-Muth'i menyatakan dalam kitabnya,That_hirul
Fuad min danasil I'tiqood (Pembersihan Hati dari Kotoran Keyakinan) bahwa,
"kelompok ini sungguh menjadi cobaan berat bagi umat muslim, baik salaf
maupun kholaf.
Mereka adalah duri "dalam
daging/musuh dalam selimut" yang hanya merusak keutuhan Islam
يَجِبُ
قَطْعُهُ حَتَّى لَا يُعْدِى الْبَاقِيَ ، فَهُوَ كَالْمَجْذُوْمِ يَجِبُ
الْفِرَارُ مِنْهُمْ ، فَإِنَّهُمْ فَرِيْقٌ يَلْعَبُوْنَ بِدِيْنِهِمْ
يَذُمُّوْنَ الْعُلَمَاءَ سَلَفًا وَخَلَفًا.
Maka wajib
menanggalkan/menjauhi (penyebaran) ajaran mereka agar yang lain tidak tertular.
Mereka laksana penyandang lepra yang mesti dijauhi. Mereka adalah kelompok yang
mempermainkan agama mereka. Hanya bisa menghina para ulama, baik salaf maupun
kholaf.
وَيَقُوْلُوْنَ
: إِنَّهُمْ غَيْرُ مَعْصُوْمِيْنَ فَلَا يَنْبَغِيْ تَقْلِيْدُهُمْ ، لَا فَرْقَ
فِيْ ذَلِكَ بَيْنَ
الْأَحْيَاءِ
وَالْأَمْوَاتِ يَطْعَنُوْنَ عَلَيْهِمْ وَيُلْقُوْنَ الشُّبَهَاتِ ،
وَيَذُرُّوْنَهَا
فِيْ عُيُوْنِ بَصَائِرِ الضُّعَفَاءِ ، لِتَعْمَى أَبْصَارُهُمْ عَنْ عُيُوْبِ
هَؤُلَاءِ
Mereka menyatakan: “Para
ulama bukanlah orang-orang yang terbebas dari dosa, maka tidaklah layak
mengikuti mereka, baik yang masih hidup maupun yang telah
meninggal." Mereka menyebarkan (pandangan/asumsi) ini pada
orang-orang bodoh agar tidak dapat mendeteksi kebodohan mereka
وَيَقْصِدُوْنَ
بِذَلِكَ إِلْقَاءَ الْعَدَاوَةِ وَالْبَغْضَاءِ ، بِحُلُوْلِهِمْ اَلْجَوَّ
وَيَسْعَوْنَ فِي الْأَرْضِ فَسَادًا ، يَقُوْلُوْنَ عَلَى اللهِ الْكَذِبَ وَهُمْ
يَعْلَمُوْنَ ، يَزْعُمُوْنً أَنَّهُمْ قَائِمُوْنَ بِالْأَمْرِ بِالْمَعْرُوْفِ
وَالنَّهْيِ عَنِ الْمُنْكَرِ ، حَاضُّوْنَ النَّاسَ عَلَى اتِّبَاعِ الشَّرْعِ
وَاجْتِنَابِ الْبِدَعِ ، وَاللهُ يَشْهَدُ إِنَّهُمْ لَكَاذِبُوْنَ .
Maksud dari propaganda ini
adalah munculnya permusuhan dan kericuhan. Dengan penguasaan atas jaringan
teknologi, mereka membuat kerusakan di muka bumi. Mereka menyebarkan kebohongan
mengenai Allah, padahal mereka menyadari kebohongan tersebut. Menganggap
dirinya melaksanakan amar makruf nahi munkar, merecoki masyarakat dengan
mengajak untuk mengikuti ajaran-ajaran syariat dan menjauhi kebid'ahan. Padahal
Allah Maha mengetahui, bahwa mereka berbohong.
(RISALAH AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH- Hadlratusysyaikh KH.Hasyim Asy’ari)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar