iklan banner

Minggu, 05 Maret 2017

JANGAN MUDAH MENCELA ORANG LAIN

JAUHI SIFAT TINGGI HATI DAN MUDAH MENCELA ORANG LAIN


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا قَالَ الرَّجُلُ هَلَكَ النَّاسُ فَهُوَ أَهْلَكُهُمْ
dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Apabila ada seseorang yang berkata; ‘Celakalah (rusaklah) manusia’, maka sebenarnya ia sendiri yang lebih celaka (rusak) dari mereka. (HR Muslim 4755)

FAEDAH :

Sifat Iblis yang ditularkan kedalam hati manusia adalah kesombongan (Takabur), tinggi hati merasa diri lebih dari yang lain dan memiliki kecenderungan meremehkan. Penyakit hati yang sangat lembut dan tersamar mudah merasuki siapa saja, orang awam, ahli ibadah bahkan ahli ilmu.

Ketinggian hati yang menganggap remeh orang lain bahkan menganggapnya telah celaka. Dzulumat (kegelapan) sesungguhnya telah menbutakan mata hatinya untuk melihat kelemahan dan kesalahan diri. Hanya menyumpal dipelupuk matanya kesalahan dan keburukan orang lain.

Sesungguhnya tabiat untuk melihat keburukan orang lain inilah yang mengeraskan hati, dan menjadikannya mudah meremehkan orang lain. Bahkan yang lebih buruk, sesungguhnya sifat ini menjadikan mereka menuhankan pendapat (kaum) mereka sendiri (istibdad bir ro’yi) sehingga merasa (kaum) mereka pasti masuk surga, sementara yang lain layak masuk neraka.

Sayyidina Umar ra menasehatkan “Yang paling aku khawatirkan dari kalian adalah bangga terhadap pendapatnya sendiri. Ketahuilah orang yang mengakui sebagai orang cerdas sebenarnya adalah orang yang sangat bodoh. Orang yang mengatakan bahwa dirinya pasti masuk surga, dia akan masuk neraka“

Benteng sifat tercela ini adalah keikhlasan, smoga Allah Ta’ala menjauhkan diri kita dari sifat Takabur dan tidak mudah mencari-cari kesalahan serta tidak mudah mencela orang lain.

Wallahu a’lam.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan